Komunikasi Krisis
Jurnalis
dan Media Monitoring
Narasumber : Alif Iman Nurlambang
Peran komunikasi itu sangat dibutuhkan, karena semua orang membutuhkan informasi. Komunikasi menjadi bagian yang cukup primer apalagi mengenai bencana. Komunikasi dilakukan agar semua orang dapat menerima pesan. Tujuan dalam menyampaikan pesan adalah agar seseorang dapat melakukan sesuatu. Apabila seseorang tidak melakukan sesuatu maka pesan itu akan gagal.
Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
Ciri khas komunikasi Publik adalah
komunikasi yang dilakukan secara dua arah, terjadi pertukaran ide dan gagasan,
dan komunikasi public masih terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi
dan medium komunikasi. Ciri khas komunikasi massa adalah bagaimana menggunakan
media untuk memanipulasi opini massa, menggunakan media massa, jurnalisme dan
periklanan. Dalam melakukan komunikasi dengan massa seorang PR juga harus
memahami ilmu dari jurnalisme dan ilmu dari periklanan. Komunikasi Massa dan
Komunikasi Publik memiliki perbedaan pada teknik penyampaian bahasanya karena
di Komunikasi Massa kita tidak tahu siapa audiensnya sehingga bahasanya sama.
Komunikasi Krisis dan Komunikasi Resiko
Komunikasi
Krisis adalah komunikasi yang sudah pasti salah atau keliru. Sedangkan Komunikasi
Resiko adalah komunikasi yang belum pasti salah atau keliru. Sebelum menyelesaikan
sesuatu, kita harus terlebih dahulu mengecek fakta-fakta yang ada
(kronologinya).
Kepercayaan
1. Motif à Melindungi
2. Jujur à Menyampaikan
2. Jujur à Menyampaikan
3. Terampil àMempuni
Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah kepercayaan:
1. Transparan
2. Kordinasi Komunikasi Publik
3. Mendengarkan Dialog
4. Diseminasi Informasi
Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah kepercayaan:
1. Transparan
2. Kordinasi Komunikasi Publik
3. Mendengarkan Dialog
4. Diseminasi Informasi
Perspektif berdasarkan fakta atau realitas
1. Objektif à contohnya benda apapun pasti jatuh ke bawah
2. Subjektif à contohnya menurut Anda apa yang disampaikan kepada
narasumber hari ini keren/ tidak?
3. Intersubjektif à contohnya semua orang yang sepakat bahwa kita semua
membutuhkan uang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar