Senin, 06 November 2017

Komunikasi Krisis

Komunikasi Krisis

Jurnalis dan Media Monitoring

Narasumber : Alif Iman Nurlambang








      
           Peran komunikasi itu sangat dibutuhkan, karena semua orang membutuhkan  informasi. Komunikasi menjadi bagian yang cukup primer apalagi mengenai bencana. Komunikasi dilakukan agar semua orang dapat menerima pesan. Tujuan dalam menyampaikan pesan adalah agar seseorang dapat melakukan sesuatu. Apabila seseorang tidak melakukan sesuatu maka pesan itu akan gagal.
Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
Ciri khas komunikasi Publik adalah komunikasi yang dilakukan secara dua arah, terjadi pertukaran ide dan gagasan, dan komunikasi public masih terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan medium komunikasi. Ciri khas komunikasi massa adalah bagaimana menggunakan media untuk memanipulasi opini massa, menggunakan media massa, jurnalisme dan periklanan.                Dalam melakukan komunikasi dengan massa seorang PR juga harus memahami ilmu dari jurnalisme dan ilmu dari periklanan. Komunikasi Massa dan Komunikasi Publik memiliki perbedaan pada teknik penyampaian bahasanya karena di Komunikasi Massa kita tidak tahu siapa audiensnya sehingga bahasanya sama.
Komunikasi Krisis dan Komunikasi Resiko
            Komunikasi Krisis adalah komunikasi yang sudah pasti salah atau keliru. Sedangkan Komunikasi Resiko adalah komunikasi yang belum pasti salah atau keliru. Sebelum menyelesaikan sesuatu, kita harus terlebih dahulu mengecek fakta-fakta yang ada (kronologinya).
Kepercayaan
      1. Motif à Melindungi
      2. Jujur à Menyampaikan
      3.  Terampil àMempuni
        
   Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah kepercayaan:
     1. Transparan 
     2. Kordinasi Komunikasi Publik
     3. Mendengarkan Dialog
     4. Diseminasi Informasi 

Perspektif  berdasarkan fakta atau realitas
       1.  Objektif à contohnya benda apapun pasti jatuh ke bawah
     2. Subjektif à contohnya menurut Anda apa yang disampaikan kepada narasumber hari ini keren/ tidak?
3.    Intersubjektif à contohnya semua orang yang sepakat bahwa kita semua membutuhkan uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar