Periklanan merupakan salah satu alat
yang paling umum digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif
pada pembeli sasaran dan masyarakat. Periklanan pada dasarnya adalah bagian
dari kehidupan industri modern. Kehidupan dunia modern saat ini sangat
tergantung pada iklan.
Tanpa iklan para produsen dan
distributor tidak akan dapat menjual produknya, sedangkan disisi lain para
pembeli tidak akan memiliki informasi yang memadai mengenai produk barang dan
jasa yang tersedia di pasar. Apabila hal itu terjadi maka industri dan
perekonomian modern pasti akan lumpuh. Apabila sebuah perusahaan ingin
mempertahankan tingkat keuntungannya, maka ia harus melangsungkan kegiatan
periklanan secara memadai dan terus-menerus.
Menurut M. Suyanto (2007: 143)
mendefinisikan ”Periklanan adalah penggunaan media bauran oleh penjual untuk
mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk, jasa atau pun organisasi
dan merupakan alat promosi yang kuat”.
Peranan periklanan dalam pemasaran suatu
produk adalah untuk membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan produk
yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen tentang produk yang ditawarkan,
membujuk calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut dan untuk
membedakan diri perusahaan satu dengan
perusahaan yang lainnya.
Advertising itu mempunyai berbagai maca,
sekarang itu di Jakarta ada beberapa agensi advertising yangg local atau global
kalo dari jenisnya adver itu. Sekarang udah jarang orang mau beriklan di koran,
karena sudah berbanding lurus dengan teknologi seperti sekarang tidak perlu
mengantar foto atau gambar atau berita sendiri namun tinggal dikirim by email
atau CD
Hubungan dengan
klien
Sebuah perusahaan iklan harus punya klien. Budget
advertising bisa membuat kantong sebuah perusahaan jebol. Hubungan dengan klien
itu harus dibina, dipupuk dan jangan sampai di lepas karena seorang klien
adalah sumber financial kita.
bekerja di agensi iklan agar tetap dapat mengimbangi
pekerjaan kita memiliki cara-cara untuk survive :
1. Selalu update
Selalu update dengan berbagai informasi yang
sekarang sedang beredar, dan juga update target pemasaran seperti iklan
Starbucks yang memiliki target para generasi milenial
2. Positive attitude
3. Jangan pernah berasumsi
Jangan pernah berasumsi tapi kita harus memiliki
bukti nyata.
4. Kiss/miss
Keep it Short and Simple and Make it Short and
Simple jangan berbasa basi terlalu panjang karna akan sangat membosankan jika
terlalu panjang
5. Multi tasking
Seorang adver tidak hanya memegang satu pekerjaan
maka multitasking ini sangat diperlukan
3 Trends :
1.
Ads are becoming
more dynamic and personalized
2.
Advertising
channels are becoming automatically integrated
Ex:
Instagram, Facebook.
3.
Transparent
attributes is tying all ad spend to hard data
Dengan adanya
media digital membuat semua data menjadi transparan menjadi tau siapa yang
membuat dan juga siapa yang ikut berkonstribusi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar