Selasa, 24 Oktober 2017

Strategi Komunikasi RCTI


Narasumber: Riska Riyanti 
Jabatan : Head of Publicity- Strategi Marketing Komunikasi RCTI








Struktur organisasi adalah sebuah posisi yang menjelaskan dimana seseorang harus melaporkan pekerjaannya untuk memperlancar alur komunikasi guna untuk mencapai tujuan
          Menurut Onong Uchjana Effendy ( 1984: 35,  strategi adalah perencanaan atau planning dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan yang hanya dapat dicapai melalui taktik operasional. Sebuah strategi komunikasi hendaknya mencakup segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan khalayak sasaran. Strategi komunikasi mendefinisikan khalayak sasaran, berbagai tindakan yang akan dilakukan, mengatakan bagaimana khalayak sasaran akan memperoleh manfaat berdasarkan sudut pandangnya dan bagaimana khalayak sasaran yang lebih besar dapat dijangkau secara lebih efektif.
Marketing Communication menurut Philip Kotler and kevin Lane Keller  (2009), komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan , membujuk dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung, tentang produk dan merek yang dijual. Strategic marketing Communication merupakan sebuah bagian yang bertugas untuk membuat aktivasi atau event baik event yng diinisiasi korporasi maupun event yang diinisiasi client dapat mendapatkan income korporasi dan mempertahankan citra dan brand awareness korporasi. Contohnya sebuah brand tertentu yang ingin mengeluarkan produk baru, seperti Cap Panda dan membuat event di Dahsyat RCTI semua banner bergambar minuman Cap Panda namun ada satu banner RCTI yang menandakan bahwa RCTI memiliki sangkutan dengan penyelenggaraan event Cap Panda ini.


Strategi Komunikasi yang menjadi sebuah acuan bagi RCTI yang di kemukakan oleh Kotler dan Smith:
1.      Advertising
Merupakan usaha penyajian non professional atau promosi produk yang dibayar oleh pihak perusahaan.
2.      Sales promotion
Bertujuan untuk meningkatkan keinginan target konsumen untuk membeli sebuah produk
3.      Public Relation and Pulicity
Bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara produk dengan konsumen dna masyarakat umum.

RCTI mengadakan acara Reds Run yaitu berlari bersama para pemain sepak bola John Arne Riise dengan sejumlah 3450 peserta yang berlari  berjarak 5KM  yang dimulai  pada pukul 6.30 pagi dan disusul dengan jarak tempuh 2.5 KM  pada pukul 6.35 pagi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar