Narasumber: Riska Riyanti
Jabatan : Head of Publicity- Strategi Marketing Komunikasi RCTI
Struktur
organisasi adalah sebuah posisi yang menjelaskan dimana seseorang harus
melaporkan pekerjaannya untuk memperlancar alur komunikasi guna untuk mencapai
tujuan
Menurut Onong Uchjana
Effendy ( 1984: 35, strategi adalah
perencanaan atau planning dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan yang hanya
dapat dicapai melalui taktik operasional. Sebuah strategi komunikasi hendaknya mencakup
segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan
khalayak sasaran. Strategi komunikasi mendefinisikan khalayak sasaran, berbagai
tindakan yang akan dilakukan, mengatakan bagaimana khalayak sasaran akan
memperoleh manfaat berdasarkan sudut pandangnya dan bagaimana khalayak sasaran
yang lebih besar dapat dijangkau secara lebih efektif.
Marketing Communication
menurut Philip Kotler and kevin Lane Keller
(2009), komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha
menginformasikan , membujuk dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun
tidak langsung, tentang produk dan merek yang dijual. Strategic marketing
Communication merupakan sebuah bagian yang bertugas untuk membuat aktivasi atau
event baik event yng diinisiasi korporasi maupun event yang diinisiasi client
dapat mendapatkan income korporasi dan mempertahankan citra dan brand awareness
korporasi. Contohnya sebuah brand tertentu yang ingin mengeluarkan produk baru,
seperti Cap Panda dan membuat event di Dahsyat RCTI semua banner bergambar
minuman Cap Panda namun ada satu banner RCTI yang menandakan bahwa RCTI
memiliki sangkutan dengan penyelenggaraan event Cap Panda ini.
Strategi Komunikasi
yang menjadi sebuah acuan bagi RCTI yang di kemukakan oleh Kotler dan Smith:
1.
Advertising
Merupakan usaha
penyajian non professional atau promosi produk yang dibayar oleh pihak
perusahaan.
2.
Sales promotion
Bertujuan untuk
meningkatkan keinginan target konsumen untuk membeli sebuah produk
3.
Public Relation
and Pulicity
Bertujuan untuk
meningkatkan hubungan antara produk dengan konsumen dna masyarakat umum.
RCTI mengadakan acara
Reds Run yaitu berlari bersama para pemain sepak bola John Arne Riise dengan
sejumlah 3450 peserta yang berlari
berjarak 5KM yang dimulai pada pukul 6.30 pagi dan disusul dengan jarak
tempuh 2.5 KM pada pukul 6.35 pagi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar