Senin, 28 Agustus 2017

Perkembangan Strategi Marketing di tahun 2017

Narasumber: Muhammad Adam Firdaus, Front End Specialist (Web Designer Tempo.co)
S1 Ilmu Komunikasi
Sedang sibuk dengan tampilan baru (new look) Tempo.co
















Lima kegiatan strategi marketing yang cukup berkembang di tahun 2017 adalah content marketing, big data, marketing automation, mobile marketing, dan social media marketing. Content Marketing adalah suatu strategi marketing yang memungkinkan seseorang untuk merencanakan, membuat, dan mendistibusikan konten yang dapat membuat target pemasaran tertarik dengan apa yang ditawarkan. Saat ini content marketing menjadi top marketing strategy di tahun 2017 dibandingkan digital marketing lainnya. Contoh pekerjaan yang berkaitan dengan content marketing adalah copy writer, creative director, dan lain-lain.
Content marketing menjadi sasaran perusahaan iklan karena melaluinya seseorang bisa menulis sebebas mungkin. Content marketing saat ini mengarah pada Native Ads. Content marketing juga tidak menyebutkan nama brand secara langsung, namun pembaca atau masyarakat diantar untuk mengetahui dan mencoba barang atau produk yang secara tidak langsung dipromosikan.
Selain content marketing, strategi marketing yang juga berkembang di tahun 2017 adalah big data. Big data adalah suatu bentuk strategi marketing yang menncari dan menyajikan data kepada marketer agar mereka mengetahui data-data yang berkaitan dengan target yang disasar. Big data juga sering kali “dikawinkan” dengan hal-hal lain. Contohnya website KataData yang menggabungkan big data dengan bidang jurnalistik.
Marketing automation adalah suatu bentuk strategi marketing yang digerakkan oleh “engine” yang bisa memasarkan produk secara otomatis. Mobile marketing memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi tentang spot-spot lokasi yang  dekat dengan lokasi kita. contohnya Google Maps. Social media marketing adalah kegiatan marketing yang diterapkan melalui media sosial. Melalui social media marketing kita dapat dengan mudah membidik target sesuai segmen yang dibutuhkan.


Saat ini bentuk content marketing juga berkembang, mulai dari web pages, rich contents, personalization, dan yang paling terbaru adalah marketing apps. Web pages adalah halaman web yang biasa sudah banyak kita jumpai saat membuka situs-situs web di internet. Saat ini, web pages juga sudah sangat mainstream sebagai medium untuk content marketing, teknologi berkembang dan memunculkan adanya rich contents. Rich contents merupakan bentuk konten pemasaran yang disajikan lebih menarik dibandingkan web pages. Contoh bentuk rich contents adalah video, infographics, responsive web, dan HTMLS. Contohnya seperti iklan yang disajikan di Youtube.
Personalization kemudian menjadi bentuk content marketing yang lebih baru dibandingkan rich contents. Penelitian tentang permintaan metrik (Demand Metric) di tahun 2016 menemukan bahwa 80% dari marketer berpendapat jika konten yang dipersonalisasi lebih efektif dibandingan yang tidak. Hal ini membuktikan bahwa dalam kegiatan marketing, seorang marketer harus mengetahui targetnya secara jelas. Saat ini teknologi semakin berkembang dan hadir berbagai macam aplikasi yang mendukung kegiatan marketing menjadi lebih mudah baik bagi sang marketer maupun target yang dibidik.

Penjual semakin mudah melakukan kegiatan marketing dan pembeli juga semakin dimudahkan untuk membeli produk. Contoh aplikasi marketing (marketing apps) yang paling efektif bisa dikaitkan dengan mobile marketing. Bukan hal yang asing, saat ini ponsel merupakan benda yang selalu ada di tangan setiap orang. Melalui ponsel, pemasaran dapat dilakukan dengan lebih mudah dan dapat membidik target secara langsung. Selain itu, kegiatan marketing dengan mobile marketing ini dapat menghemat biaya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar